Pilkada Berjalan Aman & Kondusif

Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang bersama Jajaran Forkopimda dan Pimpinan OPD Kabupaten Sintang melaksanakan monitoring pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil Bupati Sintang di beberapa TPS dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Sintang pada Rabu Pagi 09/12/20.

Monitoring ini dilakukan dalam rangka mengawasi jalannya proses pesta demokrasi yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang yaitu pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Sintang. Adapun Pemilukada kali ini menampilkan tiga Pasang Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan berkompetisi dalam pesta Demokrasi Kabupaten Sintang.

Ketiga bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sintang tersebut diantaranya: calon nomor urut 01 yaitu pasangan Jarot Winarno dan Sudiyanto, calon nomor urut 02 yaitu pasangan Askiman dan Hatta, serta calon nomor urut yaitu 03 yaitu Yohanes Rumpak dan Syarifuddin.

Adapun TPS yang dikunjungi diantaranya dalam rangka monitoring kali ini diantaranya: TPS 002 Kelurahan Tanjung Puri, TPS 014 Kelurahan Tanjung Puri, TPS 003 Kelurahan Kapuas Kanan Hilir, TPS 003 Kelurahan Menyumbung Tengah, TPS 001 Desa Jerora Satu, TPS 004 Kelurahan Akcaya, TPS 016 Desa Baning Kota, TPS 003 Kelurahan Kapuas Kanan Hilir, TPS 007 Kapuas Kanan Hulu, TPS 005 Kelurahan Sengkuang, TPS 001 Balai Agung Dusun Nenak, TPS 004 Kelurahan Ladang, dan TPS 005 Desa Baning Kota.

Pelaksanaan monitoring kali ini bertujuan memantau langsung jalannya Pemilukada serentak guna menjaga kondusivitas pelaksanaan pemilihan umum, serta penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilu dimasa pandemi kali ini.

Secara keseluruhan, proses pemilihan umum kali ini telah berjalan dengan aman dan kondusif, serta tidak terdapat kendala yang cukup berarti. Namun pihak kepolisian dan TNI akan terus berjaga dan memantau hingga proses perhitungan surat suara selesai dilaksanakan di tiap-tiap TPS.