Konferensi Pers

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sintang yang juga merupakan Koordinator Bidang Komunikasi Publik Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Sintang Kurniawan, S.Sos.,M.Si, memimpin jalannya Konferensi Pers terkait Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Sintang, bertempat di Aula Diskominfo Sintang pada Selasa pagi, 27/10/20.

Turut hadir dalam Konferensi Pers kali ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr.Harysinto Linoh, jajaran Forkopimda Kabupaten Sintang, serta seluruh awak media yang hadir untuk meliput secara langsung perkembangan terkini penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Sintang.

Berdasarkan data yang diperoleh hingga hari ini, Tim satgas penanggulangan Covid-19 Kabupaten Sintang telah menangani sebanyak 213 orang pasien terkonfirmasi berdasarkan hasil tes PCR, dengan jumlah pasien yang hingga kini masih dirawat sebanyak 57 orang, pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 165 orang, dan pasien yang meninggal dunia sebanyak 1 orang.

Sementara itu, pasien yang dinyatakan meninggal merupakan pria berumur 61 tahun yang berdomisili di Kecamatan Sintang, dirawat di RSUD Ade M Djoen sejak 24 Oktober 2020 dengan keluhan demam, kemudian dilakukan rapid tes dengan hasil non reaktif. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan SWAB pada tanggal 26 Oktober 2020 pukul 10.00 WIB. Namun yang bersangkutan meninggal dunia pada pukul 13.10 WIB, sementara itu laporan hasil tes SWAB pasien keluar pada pukul 14.14 WIB dengan hasil terkonfirmasi Positif Covid-19. Almarhum memiliki riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif di Pontianak pada 16 Oktober 2020, serta memiliki riwayat penyakit komorbid (jantung). Jenazahpun akhirnya dimakamkan dengan protokol kesehatan Covid-19 pada pukul 18.30 WIB.

Sementara itu sejak buklan april sampai saat ini Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 telah melakukan rapid tes sebanyak 18.748 orang dengan hasil reaktif sebanyak 1.939 orang. Sedangkan untuk tes PCR, Tim Satgas Covid-19 telah melakukan tes sebanyak 6.587 orang dengan hasil yang dinyatakan positif sebanyak 213 orang. Dalam kesempatan ini, melalui Konferensi Pers yang diadakan oleh Tim Satgas Penanggulangan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Sintang menghimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan imunitas tubuh, dan menjaga pola hidup sehat, serta menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan aktivitas sehari-hari guna meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sintang.