Pameran Kain Tradisional Khas Sintang

Meriahkan Pameran Kain Tradisional Khas Sintang di Museum Kapuas Raya Sintang Tahun 2021, Puluhan Ibu-ibu yang menjadi perwakilan OPD dan Organisasi Masyarakat lainnya mengikuti rangkaian kegiatan lomba olahraga tradisional Caksin, bertempat di halaman museum Kapuas Raya Sintang pada Senin pagi 18/10/21.

Olahraga caksin sendiri merupakan permainan tradisional yang sering dimainkan oleh kelompok masyarakat terutama kalangan anak-anak yang telah ada sejak dahulu dan saat ini telah masuk dalam salah satu cabang olahraga resmi tradisional yang dimainkan secara beregu dimana satu regu terdiri dari enam orang.

Selain sebagai salah satu cabang olahraga, perlombaan caksin yang dilaksanakan oleh panitia penyelenggara pameran kain tradisional Kabupaten Sintang Tahun 2021, juga dimaksudkan untuk melestarikan kembali permainan tradisional yang saat ini sangat jarang dimainkan oleh masyarakat.

Tidak hanya permainan caksin, dalam pameran kain tradisional ini juga terlihat para siswa yang datang untuk berkunjung dan belajar mengenai sejarah, maupun budaya yang ada di Kabupaten Sintang.

Sehingga kedepan diharapkan pameran seperti ini dapat berdampak positif bagi masyarakat terutama untuk melestarikan kebudayaan daerah serta menambah wawasan mengenai sejarah, karya seni lokal, dan juga perkembangan adat istiadat masyarakat Kabupaten Sintang.