Gladi Bersih pelaksanaan pelantikan Kades

Pelaksana Harian Bupati Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si melihat dan mengikuti Gladi Bersih pelaksanaan pelantikan 288 Kepala Desa Terpilih di Indoor Apang Semangai pada Rabu, 6 Oktober 2021.

Indoor Apang Semangai siap dijadikan tempat pelaksanaan pelantikan 288 Kepala Desa Terpilih dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. 288 Kepala Desa Terpilih dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sudah mengikuti tes swab antigen.

Sebelumnya, pada Rabu, 7 Juli 2021 yang lalu sudah dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Sintang. Pilkades yang diikuti 291 desa di 14 kecamatan, 1. 023 calon kepala desa, 1005 Tempat Pemungutan Suara dan 188.820 warga Kabupaten Sintang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjalan lancar dan sukses.

Namun, 20 desa di 6 kecamatan mengalami sengketa hasil Pilkades, 18 desa selesai di tingkat Kabupaten Sintang dan 2 desa masih lanjut ke Pengadilan Tata Usaha Negara di Pontianak sehingga kedua desa belum bisa mengikuti pelantikan besok. Kedua desa adalah Desa Nanga Merkak Kecamatan Ketungau Hilir dan Desa Tanjung Lalau Kecamatan Kayan Hulu.